Senin, 12 Maret 2012

Tutorial membuat efek selective Color

Assalamu'alaikuum! Heloooooo, kali ini saya mau kasih tutorial mudah  buat bikin efek selective color pake Adobe Photoshop CS 4. Hehehe, caranya gampang kok. Eittts, tapi tunggu dulu, kalian tau ngga apa itu selective color? Buat permulaan, aku kasih contoh yaa! Ini dia: 


Kalian lihat gambar di atas, cuma payung aja yang punya warna aslinya. Yang lain jadi hitam dan putih. Gini nih cara mudahnya bikin efek selective color:

Pertama, buka file yang mau kalian edit, misalnya ini:
Terus, buka adjustment layer (lokasi ada di pojok kanan bawah) -> pilih channel mixer

 

Dipanel adjustment yang baru muncul, centang di kotak “monochrome” lalu masukkan besaran seperti ditunjukkan dibawah ini(kalau mau dirubah juga gapapa sih, terserah kalian aja):



 Nanti gambar kalian jadi kaya gini:


Lanjuut, pilih foreground hitam: pencet X di keyboard kalian: 


Lanjuuut, aktifkan brush, pencet B di keyboard kalian. Terus mulailah sapukan brush di area yang pengen dikembalikan warnanya: 


Biar lebih yahud brushingnya, boleh di zoom biar lebih detail, hehehe. Bisa pake Ctrl + untuk memperbesar atau ctrl - buat memperkecil gambar.

Kalian juga boleh ngutak atik suturationnya biar gambar keliatan bener-bener hidup. Nanti hasilnya seperti ini: 



Ini cuma salah satu cara buat efek selective color, saya pakai karena menurut ku mudah MySpace
banyak jalam menuju roma, dan masih banyak lagi pengetahuan yang harus kita gali lebih dalam, cukup sampe sini aja tutornya, hehehe wassalamu'alaikum! MySpace

1 komentar:

  1. Ciyee mulai bikin tutor segalaa, calon fotografer niih, amiiiin :D

    BalasHapus